Tuesday, February 5, 2013

Air Terjun Seganing

Menyusuri setiap bagian Pulau Nusa Penida, Bali memang mengasyikkan. Banyak kejutan yang kita dapatkan, salah satunya ialah Air Terjun Seganing.

Sebenarnya, saya tidak yakin tentang adanya air terjun di pulau yang kering ini. Tapi, temanku menemukan petunjuk bahwa ada air terjun yang tepatnya berlokasi di daerah Sebuluh. Sesampainya di sana, kita bertanya pada penduduk setempat sembari makan siang di sebuah warung sederhana. Ternyata memang ada air terjun. Lokasinya di dekat laut, harus menuruni tebing dan jalannya berbahaya setelah hujan.

"Di daerah sini ada air terjun ya Pak?" tanyaku pada seorang penduduk lokal Nusa Penida, Bali. "Ya, tidak jauh dari sini. Tapi, kalau habis hujan licin, bahaya!"



Tapi kita tetap penasaran dan mencoba menuju ke lokasi, sesuai petunjuk bapak tersebut. Dari jalan aspal, kita bisa meninggalkan kendaraan dan berjalan sekitar 300 meter. Kemudian sampailah kita di atas tebing. Dari sini, kita harus menuruni tebing, tapi tebing ini lebih curam dan menakutkan ketimbang jalur menuju Pantai Suwehan.




Untungnya, warga setempat memasang pagar dan anak tangga terbuat dari kayu yang cukup kuat. Namun, namanya kayu pasti bisa keropos dimakan usia, jadi tetap saja saya takut. Ditambah lagi setelah hujan, beberapa kayu terasa licin dan traveler harus ekstra berhati-hati.

Di tengah-tengah perjalanan, saya memutuskan untuk berhenti. Namun teman saya nekat turun dengan membawa kamera. Semua barang dititipkan pada saya. Maklum jalurnya makin curam, kalau terperosok bisa jatuh ke laut.


Setelah menunggu beberapa menit, saya mencoba melihat ke bawah. Ternyata air terjun yang di maksud adalah mata air yang jatuh ke laut.







Air terjunnya memang bagus. Tapi butuh pengorbanan untuk mencapainya. Kalau Anda mengaku berjiwa pemberani, silakan buktikan di sini!

Postinganku di Detik Travel, Februari 2013.

1 comment:

  1. waa taun lalu kami juga kesana mba.
    Turunnya emang seru
    http://jalanpakekaki.blogspot.com/2013/09/itinerary-nusa-penida-14-15-september.html

    ReplyDelete